SEJARAH

PT. Sensor Teknologi Indonesia atau lebih dikenal dengan Sensync merupakan perusahaan penyedia platform yang bergerak di bidang integrasi sistem berbasis teknologi sensor. Berawal dari riset yang dilakukan di Institut Teknologi Bandung pada rentang tahun 2011 - 2014 tentang permasalahan tingginya peningkatan sumber pencemaran, baik di udara, air, dan kebakaran hutan yang terus terjadi, timbul gagasan dan inovasi yang didukung dengan perkembangan teknologi digital untuk dapat memberikan solusi atas permasalahan lingkungan yang terjadi.

Sensync awalnya melakukan inovasi dengan menggabungkan unsur environmental dan teknologi digital terbaru yang ada saat ini. Sensync turut serta dalam mengimplementasikan konsep Smart City, dalam membangun sistem kerja terintegrasi khususnya pada pemantauan kualitas lingkungan (Smart Environment). Sejak Tahun 2015 Sensync memulai memasarkan produknya yang dimulai kerja sama dengan Pusat Penelitian BMKG untuk memantau kualitas udara ambien. Pada tahun 2017 Sensync mengembangkan integrasi sistem teknologi pemantauan energi terbarukan. Hingga tahun 2018 Sensync telah berhasil menjual produk berupa sistem pemantau kualitas udara dan air ke beberapa instansi yang tersebar di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Dengan semangat “Get Sense Be Synced”, Sensync memberikan solusi kemudahan dalam melakukan teknologi sistem integrasi.

Di masa yang akan datang diharapkan Sensync dapat lebih berkembang, baik dari sisi inovasi, sdm, produk, dan kontribusi untuk menjawab kebutuhan akan kehidupan yang lebih baik.

VISI

Menjadi penyedia platform sistem integrasi terkemuka di Indonesia

MISI

Menyediakan solusi sistem integrasi berbasis teknologi sensor yang handal, inovatif, kompetitif dan sesuai kebutuhan untuk membantu pelanggan menikmati kehidupan yang baik, aman, dan sehat.

LINGKUP BISNIS

  • Studi kelayakan, Desain teknik, dan EPC untuk teknologi pemantauan lingkungan dan energi terbarukan
  • Teknologi pengukuran kualitas lingkungan, manajemen energi terbarukan, dan kebencanaan
  • Jasa kalibrasi sensor gas dan air
  • Pengembangan sistem dan platform
  • Pengadaan peralatan riset dan pengabdian masyarakat

               
       

LPIK

Institut Teknologi Bandung

 

   

Divisi Digital Service

PT Telekomunikasi Indonesia

 

   

PT Sinergi Artha Azkia

 

 
Co-Founder & Komisaris   Direktur
Dr. Eng. Muhammad Iqbal  

Ruly Resfiandhi

Beliau memperoleh gelar Sarjana dan Magister Teknik Fisika dari Institut Teknologi Bandung, serta Doktor di Waseda University, Jepang dengan keahlian nanomaterial dan teknologi sensor   Beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik Geologi dan Magister Sains Kebumian dari Institut Teknologi Bandung. Sebelum bergabung di Sensync, beliau pernah bekerja di Kementerian ESDM RI selama 3 tahun, Asisten perkuliahan GREAT ITB selama 1 tahun dan Asisten tenaga ahli kebencanaan dan lingkungan untuk perencanaan proyek KCIC